Social Icons

Rabu, 30 Oktober 2013

POHON SIKAS

 
MEDIA TANAM
Pasir malang, tanah lembang, pupuk kandang (kotoran ayam yg telah di fermentasi), kapur dolomit dan pupuk slow release dekastar dengan komposisi N yang tinggi. Campur media tersebut hingga merata dan taburkan ke dalam pot atau permukaan tanah. Jangan lupa sebelum media tanam yang telah di disiapkan di taburkan, letakkan batu kali kecil atau batu apung di dasar pot dengan ketinggian +/- 1/2 jengkal yang berfungsi agar air mengalir dengan cepat dan tidak mengendap di pot yang bisa berakibat fatal seperti terjadi pembusukan akar tanaman.
PEMUPUKAN DAN FUNGISIDA
Lakukan pemupukan secara berkala setiap bulan sekali. Pupuk yang digunakan bisa organik maupun anorganik, hanya saja perlu dijaga keseimbangan kandungan unsur kimia (micro dan makro) yang diperlukan tanah supaya tanaman tumbuh subur. Bersamaan dengan periode pemupukan berikan juga fungsida ke tanah agar terbebas dari jamur dan bakteri yang bisa mengganggu/menghambat pertumbuhan dan kesuburan tanaman.
PENYIRAMAN
Pada umumnya sikas tidak seperti tanaman hias lain yang membutuhkan penyiraman yang intensif. Sikas cukup disiram dengan siklus 1(satu) minggu sekali, namun bila musim hujan dan tanaman berada di luar penyiraman harus di hentikan. Penyiraman tanaman dilakukan dengan membasahi media tanah hingga air mengalir dari dari pot dan hindari penyiraman dengan cara menyempotkan air keseluruh tanaman.
PENANGANAN TANAMAN BERMASALAH
Sering karena media tanam terlampau basah/lembab akar tanaman menjadi busuk yang ciri cirinya bisa dilihat dari mulai layu dan menguningnya tangkai daun. Bila ini terjadi jangan segan segan potong semua tangkai daun yang layu / menguning tersebut dan obati akar tanaman yang busuk tersebut. Akar yang busuk harus segera di amputasi hingga bersih dan setelah itu berikan obat fungisida pada permukaan akar yang telah dipotong hingga bersih tersebut. Obat fungisida yang digunakan bisa dari pelbagai macam merek yang banyak beredar di nursery-nursery tanaman.
INTENSITAS CAHAYA YANG DIPERLUKAN TANAMAN
Secara umum, tanaman sikas menyukai cahaya matahari langsung, namun khusus untuk genus Encephalartos yang terdiri dari +/- 60 species, beberapa di antaranya akan tumbuh lebih baik dan sehat bila di tanam/di letakkan di tempat yang teduh/shaded, sebagian lainnya menyukai yang semi teduh dan lainnya menyukai yang penyinaran sinar matahari langsung. Tabel dibawah bisa dijadikan sebagai pedoman species apa saja dari genus Encephalartos yang membutuhkan penyinaran matahari langsung, semi teduh dan teduh.


 

Sample text

Sample Text

Sample Text